BERBAGI

Maluku – Menurut hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), pasangan Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan suara terbanyak.

Berdasarkan, pantauan Antara di Kota Ternate, pada (17/4/2019), di TPS 012 Kelurahan Kalumpang Ternate Tengah memperlihatkan pasangan nomor urut 02 itu mendapatkan suara sebanyak 112 serta pasangan kubu Petahana sebanyak 62 suara.

Begitu juga di TPS 11 Tanah Masjid pasangan nomor 02 menang 100 suara sedangkan kubu Petahana hanya 51 suara, juga TPS 02 Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan nomor 02 sebanyak 114 suara serta kubu Petahana sekitar 64 suara. Keadaan itu seperti itu juga yang nampak di hampir di semua TPS di Kota Ternate.

Tetapi angka pastinya akan diketahui usai perhitungan perolehan suara hasil pemilu legislatif juga pemilu presiden pada pleno di KPU Kota Ternate. Penghitungan suara di TPS kemarin, diteruskan dengan surat suara untuk DPD RI, DPR-RI, DPRD provinsi juga DPRD kota, yang diprediksi akan usai pada malam hari.

Semangat masyarakat di Kota Ternate untuk memberikan hak pilih dalam pileg dan pilpres 17 April 2019 cukup tinggi. Apalagi ada TPS yang tingkat partisipasinya memperoleh di atas 90 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut.

Di Maluku Utara Prabowo-Sandi Menang Dari Kubu Petahana
Di Maluku Utara Prabowo-Sandi Menang Dari Kubu Petahana (liputandigital.com)

Ketua KPU Kota Ternate Ismet Sahupala sebelum itu mengharapkan, partisipasi pemilih di Kota Ternate dalam Pemilu 2019 tersebut mencapai sekurangnya 77,5 persen selaras dengan target nasional, tetapi mendapati antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilih pada (17/4/2019) diperkirakan target tersebut dapat terlampaui.

Selain itu pelanggaran pemilu terkait dengan praktik politik uang sejauh tersebut belum ada laporan, meskipun pada (16/4/2019) malam lalu kerap tersiar informasi adanya pembagian uang, namun setelah diperiksa oleh Bawaslu ternyata tidak ditemukan.

Di harapkan, agar pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin bisa secepatnya di tetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Dan juga semoga segala kecurangan yang hingga saat ini terungkap beberapanya dapat di tindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang ada dan juga dengan adil.