BERBAGI

Jakarta – Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) akan memaksimalkan saksi dari partai koalisi Indonesia makmur guna mengawasi serta menjaga suara di semua tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2019. Saksi dari partai politik pendukung dianggap telah memetakan beberapa daerah-daerah yang menjadi perhatian khusus dalam Pemilu 2019 ini. Hal itu di sampaikan oleh Ferry Mursyidan Baldan selaku Direktur Relawan di kantor Amnesty International, Jakarta Pusat, pada (15/4/2019).

“Saya kira ada partai koalisi yang menjadi penopang utamanya. Kita meminta mereka mengoptimalkan saksi di TPS,” ujar Ferry Mursyidan Baldan

Ferry mengungkapkan, bahwa setiap partai politik mempunyai saksi sampai di tingkat kabupaten/kelurahan yang telah terbagi di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Meskipun begitu, dia juga meminta kepada para relawan Prabowo-Sandi untuk membantu para saksi parpol koalisi di dapil.

Menurutnya, parpol koalisi pun mempunyai jaringan sampai ke daerah-daerah pemilihan di seluruh Indonesia. Setiap partai politik pun telah ditugaskan untuk fokus untuk mengawal suara di beberapa wilayah.

“Mereka akan saling berbagi tugasnya, misalnya di daerah Sumatera parpol siapa dan seterusnya. Jika mereka kekurangan saksi, relawan akan mendukung dan membantu,” jelas dia.

Tim BPN Maksimalkan Saksi Parpol Untuk Jaga Suara Di TPS
Tim BPN Maksimalkan Saksi Parpol Untuk Jaga Suara Di TPS (liputandigital.com)

Dengan begitu, Ferry menyatakan, tidak semua relawan ditugaskan untuk mengawal serta menjaga suara di TPS. Karena, tidak seluruh relawan mempunyai kelihaian dalam mengawal suara di TPS.

Ferry menambahkan, bahwa para relawan pun bertugas untuk membantu saksi parpol dengan memfoto hasil-hasil dari pemilihan di beberapa TPS. Foto itu selanjutnya di berikan ke tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) pusat.

“Relawan nanti melaporkan tugasnya untuk memfoto hasil pemilihan lalu dikirim ke kami. Nanti ada tim TI dan saksi yang akan mengintegrasikan laporan-laporan itu,” kata Ferry.

Di harapkan agar saat di langsungkannya hari pemungutan suara dapat di cegah berbagai kecurangan yang akan di lakukan oleh pihak lawan. Semoga juga pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno bisa memenangkan Pemiliha Umum (Pemilu) 2019 ini dengan hasil yang memuaskan dan juga dengan kejujuran.