BERBAGI

Jakarta – Tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan meninjau ulang debat Pilpres 2019 ketiga yang di lakukan pada (17/3/2019) menjadi bahan pembenahan untuk debat capres keempat yang di lakukan pada (30/3/2019) dan berlokasi Hotel Shangri-La, Jakarta. Dan salah satunya dengan memperkuat pembagian waktu berbicara untuk setiap capresnya. Hal itu di sampaikan oleh Wahyu saat berada di Kantor KPU, Jakarta Pusat, pada (22/3/2019) lalu.

“Jatah delapan menit untuk debat antar pasangan akan diatur ketat,” kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan,” ungkap dia.

Sejumlah perbandingan di antara Debat Pilpres 2019 ketiga dan keempat, yakni :

  1. Sesi Memberikan Pertanyaan Antar Paslon Diatur Lebih Erat

Di Segmen keempat serta kelima merupakan segmen untuk memberikan pertanyaan dan jawaban di antra paslon.

“Sesi 4 dan sesi 5 itu hanya untuk membedakan tema.” ujar Wahyu.

Terdapat empat materi debat yang akan di gunakan yaitu, ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Di masing-masing mengulas dua materi debat.

Debat Ketiga Dan Keempat Miliki Beberapa Perbedaan
Debat Ketiga Dan Keempat Miliki Beberapa Perbedaan (liputandigital.com)
  1. Penonton Ditambah

KPU telah di tentukan sebanyak 500 tamu undangan.

“Masing-masing TKN dan BPN dijatah 100-100 orang dan 300 orang undangan KPU,” jelas Wahyu.

Penonton debat ketiga di ketahui di hadiri 450 tamu undangan, Sementara, jumlah undangan dari KPU akan tetap mengundang 300 orang.

  1. Menteri Tidak Kembali Diundang di Debat Capres Keempat

Wahyu Setiawan selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, nasihat para menteri kabinet kerja tidak kembali di undang di dalam debat capres seperti yang di ungkapkan oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Masukan tersebut serta di setujui bersama mencakup oleh KPU serta tim kubu Petahana. Hal itu di sampaikan oleh Wahyu ketika berada di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, pada (21/3/2019).

“Usul dinilai berdasar dan kami bisa menerimanya,” ungkap Wahyu.

Tim kampanye Nasional kubu Petahana yang turut di datangi di dalam rapat yang di lakukan di Hotel Sultan, Jakarta, pun dapat di terima. Pada ketika itu, dia menyatakan, jika perwakilan KPU serta wakil dari masing-masing dari kedua pasangan capres-cawapres.