BERBAGI

Jakarta – Chusnul Mariyah, Mantan komisaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memantau jalannya Pemilu 2019 yang akan diadakan pada 17 April 2019 agar berlangsung jujur dan adil.

Sesuai dilansir Digdaya TV, Ajakan tersebut disampaikan Chusnul pada acara diskusi “Menginventarisasi Potensi Kecurangan di Pilpres 2019” yang berlangsung di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (25/2/19).

Menurut Mantan Komisaris KPU itu, kecurangan bisa terjadi karena longgarnya aturan perundang-undangan yang mengatur teknis pelaksaan Pemilu.

Chusnul mengatakan gerak-gerik inkumben harus dipantau sebab hanya inkumben yang memiliki akses dan menguasai aparatur negara (APBN) dan APBD baik di legislatif maupun di eksekutif.

Ini Alasan Chusnul Mariyah !! Masyarakat Untuk Pantau Pemilu 2019
Ini Alasan Chusnul Mariyah !! Masyarakat Untuk Pantau Pemilu 2019 – liputandigital.com

“Ini juga harus diawasi, sejauh mana mereka menggunakan akses anggaran APBN dan APBD untuk kemudian itu bisa menguntungkan diri sendiri,” papar wanita yang mendapatkan gelar Doktor Ilmu Politik dari University of Sydney, Australia pada tahun 1998 itu.

Menurut Chusnul yang  merupakan Dosen Tetap Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia sejak tahun 1982 hingga sekarang, semua berpotensi melakukan kecurangan. Namun, semuanya berada di penyelenggara negara, seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP apakah bisa mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, dan adil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here