BERBAGI

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto nampak terlihat tenang ketika dirinya dimintai tanggapan oleh lawannya maupun oleh moderator debat perdana yang dilakukan pada Kamis malam (17/01/19) yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Kelihaiannya dalam menjawab serta memberikan solusi mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia sudah terlihat jelas dalam debat pertama ini. Tak hanya itu, Prabowo mampu dalam menyusun strategi dalam menyusun sebuah persoalan yang juga berkaitan dengan topik debat pertama.

Sebagai contoh dalam penyelesaian mengenai masalah HAM, diketahui bahwa secara tidak langsung paslon nomor urut 01 menyindir Prabowo mengenai dirinya, yang dinilai paslon nomor urut 01 Prabowo mempunyai sebuah masalah di masa lalunya. Padahal sudah ada bukti mengenai hal tersebut hanyalah fitnah belaka.

Dan Prabowo pun tak lantas menyerang balik terhadap apa yang dilakukan oleh paslon nomor urut 01 tersebut. Padahal sebelumnya BPN Prabowo-Sandi digadang-gadang akan membahas persoalan mengenai kasus Novel Baswedan dalam kasus HAM, akan tetapi hal tersebut tak dipermasalahkan oleh kubu Prabowo-Sandi. Pihaknya lebih mengarahkan kepada permasalahan yang sangat besar di Indonesia.

Berkaitan dengan apa yang dilakukan Prabowo, BPN pun ikut mengomentarinya. Salah satunya ialah Sudirman Said yang juga merupakan Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo-Sandi.

Hebat!!! Prabowo Tak Menyerang Lawan Secara Personal Dalam Debat Pertama, Banyak Senyumnya
Hebat!!! Prabowo Tak Menyerang Lawan Secara Personal Dalam Debat Pertama, Banyak Senyumnya

Dikutip pada Jumat (18/01/19) Sudirman mengatakan bahwa Prabowo mempunyai banyak isi pemahaman dan juga kesempatan besar untuk langsung menyerang lawannya. “Debat tadi malam pada intinya kami puas. Namun ada satu kritik terhadap Pak Prabowo dari saya, dan saya sampaikan ke beliau Prabowo setelah debat. Kenapa kurang menyerang?” kata Sudirman Said.

Dan Sudirman Said juga mengatakan bahwa pada saat diberikan pertanyaan, Prabowo hanya tersenyum sambil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh lawannya.

“Beliau bilang kepada saya ‘Pemilu ini bukan sarana permusuhan tapi ini merupakan ajang adu gagasan dan kebaikan’ begitu saja jawab Pak Prabowo,” ujar Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo-Sandi.

Dan Sudirman juga menuji atas penampilan Prabowo dan Sandi yang terlihat sangat santai namun tepat dengan konteks daripada penampilan rivalnya.

“Bahasa tubuh yang ditunjukkan Prabowo dan Sandi sangat orisinil dan tidak dibuat-buat. Dan kami yakin, pemilih yang belum menentukan pilihannya akan memilih Prabowo-Sandi,” pungkas Sudirman Said.