BERBAGI

Pasangan Prabowo-Sandi menolak kemerdekaan Papua. Hal tersebut dikatakan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Hal tersebut dikarenakan Prabowo-Sandi ingin agar utuhnya wilayah NKRI.

Begitu pula yang di tuturkan oleh Sufmi Dasco, Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi. Pria yang kerap disapa Dasko ini menyatakan bahwa pihaknya akan tetap mempertahankan Papua sebagai bagian dari wilayah NKRI. Itulah yang akan dilakukan Prabowo-Sandi terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden nantinya.

Dikutip pada Minggu (06/01/19), saat dikonfirmasi Dasco menjelaskan “Yang jelas, keutuhan NKRI diutamakan dan Papua akan tetap dipertahankan,” tuturkan.

Banyak pihak yang ingin agar Papua merdeka, dikarenakan banyaknya tindak sewenang-wenangnya hingga kekerasan yang telah melanggar hukum HAM yang sering terjadi di Papua. Hal itu pun dibenarkan oleh Dasco.

Prabowo-Sandi Punya Cara Jitu Hadapi Papua Merdeka
Prabowo-Sandi Punya Cara Jitu Hadapi Papua Merdeka

Akan tetapi Dasco mengatakan bahwa Prabowo-Sandi mempunyai cara jitu dalam menyelesaikan masalah tersebut, apabila nanti pasangan tersebut diberi mandat untuk melkukan hal itu semua. Dan Dasco meyakini bahwa Prabowo-Sandi dapat menyelesaikan masalah konflik yang sedang terjadi di Papua tersebut.

“Kita akui bahwa selama ini masih banyak yang mendukung kemerdekaan Papua. Tetapi, mungkin dengan terpilihnya Pak Prabowo dan Pak Sandi, akan ada kiat-kiat khusus yang akan didukung oleh kedua pihak,” tutur Dasco.

“Soal caranya itu kita belum bisa bilang,” Terang Dasco. Mengenai rencana berkaitan Papua tersebut, Dacso mengatakan bahwa pihaknya tak menyatakannya secara terang-terangan, maupun dalam visi-misi yang telah di berikan kepada KPU.

Berdasarkan berkas tersebut tertera bahwa Prabowo-Sandi akan mengadakan kegiatan pendekatan keamanan dan juga sosial ekonomi di berbagai daerah yang sering terjadi konflik dan sering terjadi aksi separatisme. Rencana tersebut merupakan nilai nomor 17 Program Aksi Politik, Hukum, dan Hankam.

Prabowo sangat mencermati Papua beserta para masyarakatnya. Karena Prabowo pasti akan melakukan hal yang terbaik untuk masyarakat Papua.

“Setahu saya Pak Prabowo sangat concern terhadap saudara-saudara yang di papua. Paling penting terhadap keutuhan NKRI,” ujar Dasco.

Prabowo-Sandi Punya Cara Jitu Hadapi Papua Merdeka
Prabowo-Sandi Punya Cara Jitu Hadapi Papua Merdeka

Tak hanya Dasco yang berpendapat adapun Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang berpendapat bahwa Prabowo Subianto dapat mengatur wilayah Papua menjadi lebih baik lagi apabila Prabowo-Sandi terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Tujuan utama Prabowo ialah ingin agar utuhnya NKRI

“Sejengkal pun tanah kita tak mau lepaskan dari NKRI. Itu harga mati,” Ungkap Badaruddin.

Walaupun banyaknya pihak yang menginginkan kemerdekaan untuk Papua,tak hanya Badar tetapi Tommy Suharto juga yakin Prabowo akan menyiapkan langkah dalam mengambil langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kalau mas Bowo (Prabowo) dengan Papua tidak asing lagi, beliau pernah ditugaskan menjaga stabilitas keamanan di Papua. Memimpin langsung. Jadi tak perlu diragukan cintanya pada Papua,” pungkas Badar.