BERBAGI

Jakarta – Kertas suara Pilpres yang akan dicoblos masyarakat Indonesia pada 17 April mendatang sudah resmi ditetapkan KPU. Surat suara itu juga sudah mencantumkan foto kedua paslon yang akan bertanding.

Wakil ketua BPN prabowo-sandi, Priyo Budi Santoso Menjelaskan alasan paslon Koalisi Indonesia Adil Makmur nomor urut 02 memilih mengenakan setelan jas lengkap untuk foto yang akan digunakan dalam surat suara menurut Priyo pemilihan jas sudah melalui diskusi cukup panjang dengan tokoh budaya dan para pakar.

Sebagaimana dilansir oleh Saluran 8 DigdayaTV, ditemui di gedung KPU Jumat lalu Priyo mengatakan setelan jas yang dikenakan Prabowo sandi untuk foto surat suara adalah mencitrakan kepemimpinan dan kewibawaan selanjutnya meski mengenakan pakaian formal Prioyo menyebut Prabowo-Sandi tetap mengenakan aksesoris berciri khas Indonesia yakni kopiah serta nama lengkap menggunakan gelar Haji

Pakaian Prabowo-Sandi pada Surat Suara yang berciri khas Indonesia
Pakaian Prabowo-Sandi pada Surat Suara yang berciri khas Indonesia

Pakar semiotika Institut Teknologi Bandung (ITB) Acep Iwan Saidi menilai Prabowo dan Sandi justru bermaksud memancarkan citra nasionalisme.

Acep mengatakan bahwa jas hitam, kemeja putih, dan peci hitam adalah setelan resmi kenegaraan Indonesia. Biasanya, lanjut Acep, itu lazim digunakan para pejabat publik jika menghadiri suatu perhelatan yang bersifat formal. Baik di lingkup daerah, nasional, maupun internasional.

Acep menyebut jas dan dasi memang identik dengan Barat. Akan tetapi, menurutnya, setelan tersebut sudah diadopsi di Indonesia dengan ditambahkan peci hitam.

“Ada citra yang ingin disampaikan. Citranya itu, kalau dari pakaian, maka citra nasionalisme, karena itu pakaian resmi kita,” jelas Acep.

Acep menilai pemilihan dasi warna merah untuk melengkapi citra nasionalisme. Menurutnya, merah dipilih agar cocok dengan kemeja putih, sehingga identik dengan warna bendera kebangsaan Indonesia.

Prabowo-Sandi tetap memakai aksesoris yang mencirikan Khas Indonesia yaitu Kopiah dan Nama Lengkap.