BERBAGI

Menyikat gigi merupakan rutinitas harian yang tidak perlu pikir panjang: gosok, kumur, buang. Bisa dibilang sikat gigi menjadi hal yang wajib dilakukan setiap hari. Idealnya, sikat gigi dilakukan saat bangun tidur, sebelum tidur malam dan setelah makan. Namun Para ahli sendiri menyimpulkan waktu sikat gigi paling baik dilakukan di malam hari. Kok malam kenapa?

Melansir dari laman health.com, giat menyikat gigi pada malam hari bisa mencegah berbagai masalah kesehatan pada gigi maupun gusi. Sikat gigi di malam hari juga bisa membuat bakteri serta kuman yang ada di gigi bisa dicegah pertumbuhan maupun perkembangannya.

Sering melewatkan sikat gigi di malam hari bisa menyebabkan berbagai masalah. Masalah tersebut antara lain adalah kuman dan bakteri bisa dengan mudah berkembang biak di gigi serta mulut. Alhasil, perkembangan bakteri ini menyebabkan risiko gigi berlubang, gigi keropos juga menumpuknya karang gigi.

Kebersihan gigi dan gusi yang tidak terawat dengan baik akan menyebabkan risiko bau mulut parah. Tidak menyikat gigi di malam hari juga sangat memungkinkan seseorang mengalami penumpukan sisa makanan di mulut dan akhirnya menjadi sumber berbagai penyakit. Tidak sehatnya gigi serta gusi, ini bisa menyebabkan permasalahan kesehatan lain di tubuh seperti halnya kesehatan jantung, hati dan paru-paru.

Gigi dan gusi yang tidak bersih karena sering melewatkan sikat gigi di malam hari, ini juga akan berpengaruh besar terhadap kesehatan saluran pernafasan dan pencernaan. Jadi, pastikan agar tidak pernah melewatkan sikat gigi saat malam ya ladies. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam menjaga kesehatan tubuh kita.