BERBAGI

Indonesia memiliki banyak keanekaragaman suku bangsa, dimana perbedaan budaya membuat pengolahan produk makanan menjadi khas di setiap daerahnya. Sehingga tercipta jenis produk makanan yang beraneka ragam pula.

Salah satunya masakan nasi goreng, setiap daerah bisa punya resep nasi goreng ciri khas yang membedakan dengan daerah lain, ini juga yang dimiliki Makasar. Ternyata ada nasi goreng merah khas Makasar yang dibuat mirip seperti abang gerobak ketika membuat nasi goreng. Kuncinya ternyata ada pada saus tomatnya. Ini cara membuat nasi goreng merah.

Bahan-bahan:

1 piring nasi secukupnya

5 buah bakso/sosis, iris tipis

 

Bumbu:

1 sdm saus tomat makasar

1 sdt kecap asin

2 siung bawang putih, haluskan

3 buah cabai rawit, haluskan

garam dan penyedap secukupnya

 

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan hingga harum dengan minyak agak banyak. Masukkan bakso/sosis dan tumis hingga matang.
  • Masukkan kecap dan saus tomat, aduk rata. Masukkan nasi dan aduk rata. Tes rasa, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Oseng hingga nasi kering dan bumbu merata.
  • Nasi goreng merah siap sajikan dengan kerupuk dan telur mata sapi. Jika tak ada saus tomat Makasar, bisa menggunakan saus tomat kemasan yang dijual di pasar.