BERBAGI

Pertumbuhan pengguna ponsel pintar semakin bertambah setiap tahunnya, karena merupakan pasar yang terus berkembang. Hal ini dilirik oleh Google dengan menyiapkan solusi bagi pengguna ponsel pintar kelas menengah dengan memperkenalkan Android 9 Pie Go Edition.

Google ingin meningkatkan pengalaman Android di perangkat entry-level yang sering dibeli oleh pengguna yang baru pertama kali menggunakan ponsel pintar.

Ditujukan untuk negara berkembang, sistem operasi telah dioptimalkan untuk perangkat keras yang tidak cukup kuat dan konektivitas data yang terbatas.

Dilansir dari laman 9to5Google (16/8/18) perangkat dengan Go Edition akan mendapat tambahan penyimpanan sebesar 500MB. Dan diklaim bahwa Android 9 Pie Go Edition lebih hemat di media penyimpanan perangkat.

Meskipun lebih dari setengah dari yang tersedia di perangkat reguler, Google menyertakan aplikasi-aplikasi pendamping yang juga ringan dalam pemakaian sumberdaya seperti YouTube Go, Maps Go dan Gmail Go.

Google menyebutkan sudah ada lebih dari 200 perangkat Android Go yang tersebar di 120 negara dan lebih dari 100 produsen yang rencannya akan dirilis akhir tahun ini.