BERBAGI

Perkembangan Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada wal perdagangan hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran level 5.779 – 5.998. Dijelaskannya perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih menunjukkan pola kenaikan jangka pendek maupun panjang.

“Kenaikan tentunya masih ditopang oleh rilis data perekonomian terlansir,” ujar Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, data tersebut masih menunjukkan angka pertumbuhan perekonomian yang cukup stabil ditambah dengan jelang berakhirnya semester satu. “Dimana para emiten memiliki kecenderungan untuk dapat menunjukkan kinerja terbaik selama satu semester, IHSG pada hari ini berpotensi menguat,” pungkasnya.

Adapun beberapa jumlah saham yang akan direkomendasikan pada perdagangan hari ini yakni PT. HM Sampoerna (HMSP), PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON), PT. Sri Rejeki Isman Tbk. (SRIL) dan PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF). Selanjutnya saham lain yang patut dicermati yakni PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL), PT. PP (Persero) Tbk. (PTPP), ADHI dan BBCA.

Sebelumnya IHSG awal pekan kemarin ditutup menghijau usai sempat bergerak mixed, meski tidak terlalu besar. IHSG ditutup bertambah 37,27 poin atau 0,64% ke level 5.859,08. Penguatan bursa saham Tanah Air ditopang konsumen yang menanjak tertinggi 2,94% sedangkan pelemahan terdalam terjadi pada sektor perkebunan jatuh 1,20%.