BERBAGI

Sebanyak 155 kumpulan pengajar serta tenaga kependidikan disiapkan Kementerian Agama (Kemenag). Seleksi ini akan digelar serentak, Selasa (17/7) mendatang, pada 22 Madrasah Aliyah Negeri insan Cendekia (MAN IC).

“Seleksi nasional ini buat memenuhi kebutuhan pengajar dan pembina asrama MAN IC. ada 155 kumpulan yang beredar di MAN IC se-Indonesia sinkron kebutuhannya,” ucap Direktur Guru  dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag Suyitno di Jakarta, Jumat (22/6).

Peserta akan melalui tiga tahapan seleksi. Pertama, seleksi administrasi yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi. Nama peserta yang lolos diajukan ke Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) untuk mengikuti seleksi tahap kedua.

Seleksi tahap kedua berupa seleksi akademik. tahap ini dilakukan serentak oleh tim Ditjen Pendis. “Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tahap ketiga berupa tes wawancara dan microteaching,” jelasnya.

Suyitno berharap seleksi nasional ini bisa menjaring profil guru dan pembina asrama yang mempunyai komitmen keislaman serta keindonesiaan, profesional, kompeten, integritas dan berkomitmen tinggi pada prestasi guna semakin menaikkan mutu MAN IC