BERBAGI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar masyarakat lebih berhati-hati terkait adanya penjualan tiket pesawat dengan harga fantastis.

Berbicara tentang libur lebaran memang tidak lepas dari mudik lebaran, libur panjang yang selalu menjadi rutinitas tahunan di Indonesia. Baik libur panjang untuk para pekerja, maupun bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Menhub Ancam Maskapai Jika Pasang Harga Terlalu Mahal

Hal tersebut dikatakannya usai mendapatkan laporan terkait adanya penjualan tiket pesawat tujuan Jakarta-Surabaya seharga Rp4 juta. Harga ini melonjak jauh dari harga normal sebesar Rp1,3 juta.

“Tidak benar kalau ada jual tiket dengan harga sebesar itu. Tidak boleh maskapai melebihi batas harga tertinggi dari penjualan tiket,” katanya di Tangerang, Minggu, 3 Juni 2018.

Ia berjanji akan menindak tegas para pengelola maskapai yang kedapatan melakukan penjualan tiket dengan harga mahal. Menhub mengatakan, jika ia bisa mengambil keputusan untuk membatalkan penerbangan.

“Saya akan lakukan pembatalan penerbangan tujuan kalau harga tiketnya berlebih. Hal ini jangan dijadikan keuntungan atau momen. Lebih-lebih saat ini sedang arus mudik,” ujar Budi.

Ia juga meminta agar para pejabat terkait di Bandar Udara dapat membantu melakukan kontrol terkait harga tiket. Sebelumnya, berbicara pada wartawan, Menteri Budi sempat menanyakan harga tiket pada salah seorang penumpang maskapai Lion Air dengan tujuan Jakarta-Padang.

“Tadi sempat bertanya soal tiket dan ternyata benar harganya naik sekitar delapan persen. Tadi dia jelaskan, harga dia beli sekarang Rp800 ribu. Untuk batas kenaikan ya 10 persen dari harga normal,” ujarnya.