BERBAGI

Traveling menjadi suatu kegiatan yang selalu menyenangkan, bahkan dibulan ramadhan sekalipun. Selain banyak tantangannya ternyata travelling saat ramadhan juga memiliki banyak manfaat diantaranya untuk menjernihkan pikiran sehingga dapat lebih fokus, melakukan ibadah puasa sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan berbagai aktifitas lainnya. Traveling di bulan ramadhan dapat menjadi menarik ketika kita menemukan suatu tempat yang baru kita kunjungi .

Wisata Religi Di Demak Yang Menarik Untuk Dikunjungi Saat Ramadhan

Kota Demak bagi umat islam adalah kota yang tidak asing lagi. Berada di Jawa Tengah kota ini juga dikenal sebagai kota penyebar agama islam pada era walisongo, dan tentunya di kota ini terdapat banyak sekali sejarah tentang islam yang bisa dikunjungi, so pasti sangat cocok untuk dijadikan lokasi tujuan wisata khususnya wisata religi.

Berikut  wisata religi yang dapat dikunjungi untuk mengisi Ramadhan .

  1. Masjid Agung Demak

Masjid juga lokasi dapat dijadikan sebagai tempat wisata seperti lokasi lainnya. Masjid Demak yang menurut cerita adalah peninggalan langsung dari walisongo ini menjadi salah satu tujuan terfavorit di demak.

Selain alasan tersebut komplek masjid Demak juga dibangun beberapa perangkat pendukung, bagi kalian yang ingin mengetahui sejarah dan perkembangan islam di Jawa bisa berkunjung ke museum yang terdapat di salah satu bangunan masjid Demak, di museum ini juga terdapat gambaran secara rinci tentang kisah para wali.

  1. Makam Kadilangu

Makam adalah tempat yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi selain masjid, salah satunya adalah Makam Kadilangu yang termasuk lokasi yang terfavorit.

Makam Kadilangu merupakan tempat peristirahatan terakhir Sunan Kalijogo yang merupakan salah satu tokoh penting dalam penyebaran agama islam di pulau Jawa, banyak sekali hal yang hebat dari makam salah satu sunan ini diamana makam Kadilangu dianggap memiliki kekuatan yang ajaib, barang siapa yang membawa benda pusaka atau benda sakti apapun kekuatannya akan lenyap ketika dibawa berkunjung kesini.

  1. Makam Syekh Abdullah Mudzakir

Makam Syekh Abdullah Mudzakir terbilang unik dan sangat menarik, karena biasanya makam berada di dataran atau tanah yang lapang namun makam yang satu ini berada di permukaan laut, dan makam ini terletak di Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung.

Menurut cerita Syekh Abdullah Mudzakir merupakan makam salah satu syekh yang semasa hidupnya adalah seorang ulama yang terkenal, yang mejadikan makam ini semakin unik adalah meski dikelilingi dan dihantam ombak makam Syekh Abdullah Mudzakir masih kokoh berdiri sampai sekarang.

  1. Pusat Pembuatan Kaligrafi

Melakukan suatu perjalanan rasanya kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Saat melakukan religi ke Demak , para pengunjung dapat mengunjungi kampung tembiring yang berlokasi di dekat Masjid Demak. Selain barang-barang bernuansa religi ditempat ini pengunjung juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kaligrafi, menarik bukan?

  1. Makam Raja Demak

Makam yang berada di kauman kelurahan Bintoro ini merupakan makam raja-raja atau penguasa kerajaan demak pada masanya, dimana kerajaan demak ini merupakan salah satu kerajaan yang berpengaruh dalam perkembangan islam di Indonesia.

Jika melihat sejarah terdahulu pada awalnya pulau jawa sangat kental dengan ajaran hindu yang dibawa oleh kerajaan majapahit, namun perjalanan mereka mulai luntur seiring munculnya kerajaan Demak yang didasari oleh nilai-nilai agama islam.

  1. Pusat Pembuatan Bedug Dan Rebana

Untuk ingin mengulik lebih dalam tentang wisata religi di Demak jangan lewatkan tempat yang satu ini, disini pengunjung akan menjumpai beragam bentuk kesenian yang pada masanya sangat erat kaitannya dengan tradisi penyebaran agama islam.

Tempat yang terletak di desa pasean, kecamatan karangmlati, dan kelurahan bintoro ini memproduksi bedug dan rebana dengan kualitas yang sangat bagus, hasil kerajinan ini juga sudah diekspor ke berbagai negara tetangga seperi malaysia dan brunei darussalam.