BERBAGI

Pemandangan bawah laut pulau Sabang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Untuk mempopulerkan kembali keindahan bawah laut tersebut, Sabang Marine Festival kembali digelar.

Wisata Yacht Kelas Dunia Bentuk Promosi Sabang Ke Mancanegara

Perhelatan yang akan digelar pada 26 hingga 30 April 2018 tersebut diketahui akan diikuti oleh lebih 20 kapal yacht  dari berbagai negara di dunia.

Event Sabang Marine Festival 2018 akhirnya melahirkan sebuah wadah yang diberi nama ‘Sabang Yacht Club’ di area Container Terminal 1 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Aceh.

Wadah tersebut menjadi tempat perkumpulan para yachter. Agus Salim selaku Deputi Komersial dan Investasi BPKS mengatakan, nantinya club para yachter itu  sebagai wadah untuk berinteraksi sesama pelaut, dan saling mengunjungi club yacht yang ada di belahan dunia.

Selain itu juga juga akan berfungsi sebagai tempat pertemuan atau konferensi bagi para yachter, dalam rangka melakukan pengembangan club. Sehingga, Sabang Yacht Club ini akan memiliki peranan penting bagi yachter yang melintas di ujung Barat Indonesia.

“Sabang Yacht Club akan  mirip-mirip seperti yacht club yang ada di negara tetangga seperti yang ada di Pangkor (Thailand), Langkawi (Malaysia) yang bernama Langkawi Yacht Club,” ujarnya kepada wartawan, Jumat, 27 April 2018.

Masih Menurutnya, Yacht club punya peran penting dalam pengembangan kawasan wisata Sabang. Khususnya wilayah yang kerap dikunjungi oleh para yachter.

“Ini merupakan unit usaha baru di BPKS, nantinya menjadi sebuah wadah baru dalam melakukan promosi wisata khususnya bagi komunitas yachter dunia,” kata Agus.

Sebelumnya, BPKS menggelar Sabang Marine Festival 2018. Kegiatan yang bertaraf Internasional ini berlangsung untuk mempromosikan wisata bahari Sabang ke mata Dunia, sekaligus menampilkan budaya Aceh.

Kini sekitar 30 yacht akan bersandar di teluk Sabang, para turis yacht akan menyaksikan beberapa kegiatan yang disajikan seperti parade marching band, tarian, kunjungan ke sekolah-sekolah di kota Sabang.

Para yachter juga akan mengunjungi situs bersejarah di Banda Aceh dan juga menghadiri acara Keunduri Laot di Sabang.

Secara tidak langsung perhelatan yang melibatkan yachter dari berbagai negara ini, juga memperkenalkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak laut dan pantai yang layak dipertimbangkan sebagai tempat wisata dengaan pemandangan alam yang indah.