BERBAGI

Posisi tepat matahari di atas khatulistiwa pada Rabu (21/3) sore berdampak pada beberapa aktivitas di Bumi. Tetapi yang paling terganggu dari fenomena ini adalah layanan televisi kabel dan sinyal komunikasi radio.

Rhorom Priyatikanto, seorang peneliti dari LAPAN, mengatakan televisi kabel akan terganggu selama setidaknya 15-30 menit.

“Jadi sinyal satelit yang diposisikan di atas khatulistiwa untuk hari ini terganggu oleh Matahari,” kata Rhorom

Ketika fenomena berlangsung, panas Matahari terasa lebih kuat terutama untuk satelit di langit. Inilah yang menyebabkan sinyal dari satelit mengganggu tayangan di televisi kabel.

Rhorom mengatakan fenomena gangguan satelit dikenal sebagai pemadaman matahari.

Dia juga mengatakan operator tv kabel sudah menyadari hal ini. Itu sebabnya pelanggan tv kabel akan mendapatkan semacam pengumuman dari operator mereka bahwa siaran mereka akan terganggu untuk sementara waktu selama pemadaman matahari.

Masih ada dampak lain yang disebabkan oleh matahari yang berada di atas khatulistiwa. Misalnya, sinyal komunikasi radio akan terganggu dan suhu di Bumi akan sedikit meningkat.

“Gangguan ini bisa terjadi 2-3 hari dan masing-masing tetapi hanya sekitar 15-30 menit,” tambah Rhorom.

Selain efek di atas, fenomena sehari tanpa bayangan juga menandai pergantian musim. Rhorom yakin musim hujan sudah mulai beralih ke musim kemarau.