BERBAGI

Kedutaan besar India bekolaborasi dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman. Hari ini menggelar 1st India-Indonesia Infrastructure Forum, yang dikenal sebagai forum kolaborasi antara Indonesia dan India dalam sektor infrasruktur.

Setidaknya, sekitar tiga puluh delegasi level tinggi serta petinggi perusahaan infrastruktur dari India turut serta dalam forum ini. Tak hanya itu, sebanyak lebih dari delapan puluh perusahaan rekan industri dari Indonesia yang bergerak di bidang infrastruktur, serta pejabat dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian BUMN, dan Kementerian Kesehatan juga turut serta dalam forum in.

Di Forum RI-India Luhut Promosikan Proyek Infrastruktur

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengtakan bahwa pemerintah menyambut baik penyelenggaraan Forum Infrastruktur India-Indonesia ke-1 ini. Ia pun mengambil peluang tersebut untuk mempromosikan proyek-proyek infrastruktur yang tengah dikerjakan Indonesia.

Ia bercerita, pembangunan infrastruktur dikenal sebagai prioritas utama pemerintah Indonesia. Karena tersebut, dia pun membuka peluang untuk perusahaan dari Negeri Bollywood ini untuk berinvestasi di Tanah Air.

“Ini dikenal sebagai Forum Infrastruktur India-Indonesia yang pertama, dan ini sangat bagus. India juga merupakan negara yang tengah berkembang. Potensi India sangat besar dan India adalah mitra krusial untuk Indonesia,” katanya di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dalam mengerjakan projek infrastruktur di Tanah Air, kata mantan Kepala Karyawan Kepresidenan ini, pemerintah tidak cuma mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam perihal pembiayaan. Namun, pemerintah juga mengundang swasta untuk turut serta dalam proyek tersebut dengan konsep pembiayaan blended finance.

“Blended finance tersebut solusi yang baik untuk pemiayaan infrastruktur di Indonesia. Lantaran APBN tak bisa membiayai semua proyek infrastruktur,” tandasnya.

Perusahaan-perusahaan dari India, dalam forum ini akan mempresentasikan kapasitas mereka untuk melaksanakan projek infrastruktur di sektor pelabuhan, listrik, infrastruktur bandara, pengelolaan sumber daya air, rumah sakit dan perawatan kesehatan, industri 4.0 dan solusi teknologi informasi (TI) untuk proyek infrastruktur. Nantinya, juga bakal ada pertemuan business to business (B to B) antara perwakilan perusahaan India dan perusahaan Indonesia.