BERBAGI

Orang Eropa seperti Inggris identik dengan kulit putih, rambut cokelat atau pirang dan hidung tajam. Tapi siapa sangka jika 10 ribu tahun yang lalu, Inggris berwarna hitam. Hal ini diketahui setelah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang Inggris dari 10 ribu tahun yang lalu memiliki kulit coklat gelap dan mata biru.

1. Para peneliti melakukan uji gen pada tengkorak utuh yang ditemukan 115 tahun yang lalu
Dikutip oleh BBC dan New York Times, para periset dari Natural History Museum London mengekstrak DNA dari Cheddar Man, kerangka asal Inggris lengkap tertua yang ditemukan pada tahun 1903. Peneliti Universitas College London kemudian menganalisis gen untuk rekonstruksi wajah.

2. Penemuan ini menjadi wawasan baru tentang kehidupan orang Inggris setelah zaman es
Dari analisis itu diketahui jika orang Inggris dari 10 ribu tahun yang lalu berwarna hitam dan bermata biru. Penemuan ini menunjukkan pigmentasi kulit cerah yang telah dianggap sebagai ciri khas orang Eropa yang berlangsung kurang dari 6.000 tahun. Penemuan ini akhirnya menjadi wawasan baru yang sangat berharga ke dalam asal Inggris setelah akhir zaman es. Hasil analisis Manusia Cheddar akan dipublikasikan di jurnal.

3. Cheddar Man memasuki populasi pemburu barat yang bermigrasi ke Inggris sekitar 14 ribu tahun yang lalu
Profesor Stringer yang pertama kali mempelajari Cheddar Man 40 tahun yang lalu mengatakan penemuan tersebut merupakan hasil yang luar biasa dan mengejutkan. Penelitian baru menunjukkan Cheddar Man termasuk populasi yang dikenal sebagai pemburu barat yang pertama kali bermigrasi ke Eropa sekitar 14.000 tahun yang lalu.

Saat ini, hanya sekitar 10 persen keturunan Inggris yang dapat dikaitkan dengan populasi tersebut. Setelah mengambil banyak DNA dari orang-orang Inggris Kuno, para periset juga tahu bagaimana Inggris menerima gelombang demi gelombang imigran selama beberapa dekade.


4. Kerangka Manusia Cheddar adalah kerangka lengkap tertua di Inggris
Manusia Cheddar diketahui hidup sekitar 10.000 tahun yang lalu di Era Mesolitik, usia pertengahan batu. Kerangka Cheddar Man ditemukan di Gough Caves, dekat Desa Cheddar di Somerset, Inggris barat daya. Setelah diperiksa, diketahui jika Cheddar tidak setinggi orang Eropa pada umumnya atau hanya sekitar 165 cm dan kemungkinan akan meninggal pada usia awal 20an.

Sebuah fraktur ditemukan di permukaan tengkorak dan menunjukkan bahwa Manusia Cheddar cenderung mati dengan cara yang kejam. Tidak tahu bagaimana Cheddar Man bisa eksis di gua itu. Tapi kemungkinan dia ditempatkan di sana oleh sukunya.