BERBAGI

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra, yang memiliki beragam obyek wisata yang belum banyak diketahui, seperti Sungai Suci, yang memiliki pantai yang sangat menakjubkan. Pantai Sungai Suci adalah Objek wisata yang terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Luas kawasan wisata ini sekitar 2 kilometer. Jarak kawasan wisata ini sekitar 15 kilometer, atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari ibu kota Bengkulu.Apa bila para wisatawan berangkat dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, maka mereka harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Bengkulu adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra, yang memiliki beragam obyek wisata yang belum banyak diketahui, seperti Sungai Suci di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Walaupun pantai ini dinamakan Pantai Sungai Suci, akan tetapi kawasan wisata ini tidak memiliki sungai, seperti yang digambarkan oleh namanya. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, yang mirip dengan kawasan wisata Tanah Lot Bali. Kawasan ini telah memiliki jalur lintasan yang cukup baik, sehingga dapat dilewati oleh kendaraan beroda dua mau pun beroda empat. Untuk dapat tiba pada kawasan ini, para wisatawan harus tiba terlebih dahulu di desa Pedati. Setibanya di sana, para wisatawan harus melewati jalan yang sempit, tetapi sudah beraspal, kira-kira 10 hingga 15 menit. Di sepanjang jalan menuju kawasan wisata tersebut, disuguhi pemandangan yang luar biasa, cantiknya. Di sepanjang jalan para wisatawan akan berhadapan langsung dengan pemandangan Samudra Hindia. Keindahan pantai ini yang begitu mempesona, maka tidak mengherankan apabila para wisatawan yang berkunjung menamakannya Pieces of Heavennya Bengkulu.

Kawasan wisata ini telah menyediakan lahan parkir yang cukup luas, yang berada di tengah-tengah pepohonan sawit.  Untuk retribusi parkir, para wisatawan akan dikenakan biaya, bagi kendaraan roda dua, akan dikenakan biaya sekitar 10.000 rupiah, sedangkan untuk roda empat hanya dikenakan biaya 20.000 rupiah. Untuk dapat menikmati pemandangan indah pada kawasan wisata ini para wisatawan  akan dikenakan biaya tiket retribusi sebesar 3 ribu rupiah per orang. Selain keindahan akan air lautnya di lokasi ini juga terdapat pulau kecil yang dapat disebrangi dengan jembatan gantung. Untuk dapat melewati jembatan tersebut, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah. Berjalan di atas jembatan gantung ini, cukup membuat jantung berdegup kencang, karena bagian jembatan bergoyang, seakan kita akan jatuh ke dalam air. Konon, di pantai ini adalah tempat bagi Presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarna untuk membersihkan diri, atau mandi, ketika ia berada dipangasingan di kawasan ini.