BERBAGI

JAKARTA – Munculnya benjolan pada tubuh seperti di daerah leher, ketiak dan pangkal paha merupakan salah satu gejala dari kanker limfoma hodgkin. Tetapi, gejala yang sama juga bisa ditunjukkan pada tuberkulosis (TBC). Lalu apa bedanya?

Ketua Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik (PERHOMPEDIN), Prof. Dr. dr. Arry H. Karena kanker limfoma hodgkin umumnya disertai dengan demam atau meriang dan penurunan berat tubuh yang drastis, reksodiputro, SpPD-KHOM menjelaskan, benjolan yang diakibatkan

Mengenal Perbedaan Kanker Limfoma dan TBC

“Orang TBC juga ada benjolan. Tapi 20% bisa kanker. Bedanya, kanker limfoma hodgkin bakal demam turun naik serta berat tubuh turun hingga 10% atau lebih,” jelas Prof Arry saat temu media di Gran Melia, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Walau benjolan tak menyebabkan rasa sakit, tetapi ada gejala kanker limfoma hodgkin lainnya yang tak boleh diremehkan. Di antaranya, tidak sulit berkeringat di malam hari, gatal-gatal, kelelahan yang berlebihan dan kekurangan energi, kehilangan nafsu makan, batuk berkepanjangan sampai pembesaran limpa atau hati.

“Untuk memastikan benjolan kanker atau tidak, perlu melakukan pemeriksaan berupa biopsi. Biopsi untuk mengambil sebagian atau keseluruhan kelenjar getah tidak bersedia,” ujarnya.