BERBAGI

Pemerintah Kota Tangerang masih mengkaji wacana Sungai Cisadane dijadikan Water Way untuk transportasi air Kota Tangerang. Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Syaiful Rohman mengatakan, ada kemungkinan transportasi itu diperluas untuk kepentingan pariwisata.

Transportasi di sungai Cisadane

“Kita akan coba lakukan pengkajian, apaka untuk umum atau untuk pariwisata,” ujar dia pada Republika.co.id, Sabtu (6/1).

Syaiful mengatakan, potensi yang ada di Cisadane bisa memungkinkan untuk kedua hal tersebut, mengingat lebar Cisadane yang memadai, yakni 100 meter.

Cisadane membentang membelah Kota Tangerang dari Perbatasan Kota Tangerang Selatan ke Perbatasan Kabupaten Tangerang itu mempunyai potensi untuk dijadikan sarana lain transportasi. Terlebih, Cisadane memang |mempunyai sejarah soal transportasi tradisional perahu bagi penduduk pesisirnya.

Oleh sebab itu, Syaiful mengatakan, pengkajian menyeluruh perlu dilakukan, termasuk model transportasi, dermaga dan masalah jembatan yang sudah terbangun sekarang. “Termasuk dengan dermaga yang seperti apa,” jelas dia.