Dengan semakin menjamurnya penggunaan iPhone di Indonesia, tak heran jika banyak beredar iPhone palsu atau KW di pasaran. Harga yang lebih murah dan tampilan yang mirip membuat sebagian orang tergiur untuk membeli iPhone palsu. Namun, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui iPhone asli dan palsu. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengenali iPhone asli dengan mudah dan akurat.

Pertama, Anda dapat memeriksa nomor IMEI iPhone. Nomor IMEI adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap iPhone. Anda dapat menemukan nomor IMEI iPhone dengan membuka Pengaturan > Umum > Tentang. Kemudian, bandingkan nomor IMEI tersebut dengan nomor IMEI yang tertera di kotak kemasan iPhone. Jika kedua nomor IMEI tersebut sama, maka iPhone yang Anda miliki asli. Akan tetapi, segera hubungi penjual iPhone atau lapor ke layanan konsumen Apple jika nomor IMEI tidak ditemukan.

Cara kedua, Anda dapat memeriksa layar iPhone. Layar iPhone asli biasanya menggunakan teknologi LCD atau OLED. Layar LCD memiliki kualitas yang lebih rendah daripada layar OLED, tetapi lebih hemat daya. Sedangkan layar OLED memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada layar LCD, tetapi lebih boros daya. Anda dapat membedakan layar LCD dan OLED dengan melihat sudut pandang layar. Layar LCD akan terlihat lebih gelap ketika dilihat dari sudut samping, sedangkan layar OLED akan terlihat lebih cerah.

Perbandingan iPhone Asli dan iPhone Palsu

Terdapat beberapa perbedaan mencolok antara iPhone asli dan iPhone palsu. Berikut ini adalah beberapa perbandingan antara iPhone asli dan iPhone palsu:

  • iPhone asli memiliki logo Apple yang tercetak di bagian belakang bodi, sedangkan iPhone palsu biasanya tidak memiliki logo Apple atau logo Apple yang tercetak tidak jelas.
  • iPhone asli memiliki layar yang jernih dan tajam, sedangkan iPhone palsu biasanya memiliki layar yang buram dan tidak tajam.
  • iPhone asli memiliki sistem operasi iOS yang resmi, sedangkan iPhone palsu biasanya menggunakan sistem operasi Android atau sistem operasi palsu lainnya.
  • iPhone asli memiliki fitur-fitur yang lengkap, sedangkan iPhone palsu biasanya tidak memiliki beberapa fitur yang ada di iPhone asli.

Metode Membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

Selain dengan cara-cara yang disebutkan di atas, Anda juga dapat membedakan iPhone asli dan iPhone palsu dengan menggunakan beberapa metode berikut ini:

  • Cek IMEI: Buka *#06# pada aplikasi Telepon, lalu bandingkan dengan nomor IMEI yang ada di kotak kemasan.
  • Cek Logo Apple: Logo Apple pada iPhone asli memiliki detail yang presisi dan terlihat jelas.
  • Cek Kualitas Layar: Layar iPhone asli memiliki warna yang tajam dan jernih, serta bebas dari dead pixel.
  • Cek Sistem Operasi: iPhone asli menggunakan sistem operasi iOS, sedangkan iPhone palsu biasanya menggunakan sistem operasi Android.
  • Cek Fitur: iPhone asli memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti Face ID, Touch ID, dan Siri.

Keuntungan Menggunakan iPhone Asli

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan iPhone asli. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan iPhone asli:

  • Kualitas Lebih Baik: iPhone asli memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone palsu. Hal ini terlihat dari bahan yang digunakan, layar, dan fitur-fiturnya.
  • Performa Lebih Baik: iPhone asli memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone palsu. Hal ini karena iPhone asli menggunakan prosesor yang lebih cepat dan RAM yang lebih besar.
  • Keamanan Lebih Baik: iPhone asli memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone palsu. Hal ini karena iPhone asli menggunakan sistem operasi iOS yang lebih aman dan memiliki fitur-fitur keamanan yang lebih lengkap.
  • Dukungan Lebih Baik: iPhone asli memiliki dukungan yang lebih baik dari Apple dibandingkan dengan iPhone palsu. Hal ini karena Apple menyediakan layanan purna jual yang lebih lengkap dan lebih mudah diakses.

Contoh iPhone Asli dan iPhone Palsu

Berikut ini adalah beberapa contoh iPhone asli dan iPhone palsu:

  • iPhone Asli: iPhone 14 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13, iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 Pro, iPhone 12, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11
  • iPhone Palsu: iPhone Xr Kualitas Super, iPhone 12 Pro Max Super Copy, iPhone 13 Pro Max KW Super, iPhone 13 Pro KW Super, iPhone 14 Pro Max Replika

Tips Membeli iPhone Asli

Jika Anda ingin membeli iPhone asli, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Beli di Toko Resmi: Beli iPhone di toko resmi Apple atau di toko yang bekerja sama dengan Apple. Dengan membeli di toko resmi, Anda akan mendapatkan iPhone asli dan bergaransi resmi.
  • Periksa Fisik iPhone: Sebelum membeli iPhone, periksa fisik iPhone dengan saksama. Pastikan iPhone tersebut tidak memiliki cacat fisik atau kerusakan.
  • Cek Nomor IMEI: Cek nomor IMEI iPhone dengan nomor IMEI yang tertera di kotak kemasan. Pastikan kedua nomor IMEI tersebut sama.
  • Cek Sistem Operasi: Cek sistem operasi iPhone dengan sistem operasi iOS. Pastikan iPhone tersebut menggunakan sistem operasi iOS yang asli.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengetahui iPhone asli dan palsu. Pastikan Anda mengikuti tips-tips yang telah disebutkan di atas agar Anda tidak tertipu oleh iPhone palsu. Belilah iPhone di toko resmi Apple atau di toko yang bekerja sama dengan Apple. Dengan membeli di toko resmi, Anda akan mendapatkan iPhone asli dan bergaransi resmi.

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment