Dalam memilih laptop atau PC, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah generasi prosesornya. Generasi prosesor ini menunjukkan seberapa baru arsitektur prosesor tersebut, dan biasanya semakin tinggi generasi prosesornya, semakin baik pula performanya. Prosesor Intel sendiri memiliki sejarah panjang, dan saat ini sudah mencapai generasi ke-13.

Namun, bagaimana cara mengetahui generasi prosesor Intel? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahuinya:

1. Melalui Website Intel

Cara pertama untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan mengunjungi website Intel. Di situs web ini, Anda dapat menemukan informasi tentang semua prosesor Intel yang pernah dirilis, termasuk generasi prosesornya. Cukup masukkan nomor model prosesor Anda ke dalam kotak pencarian, lalu klik tombol “Cari”. Setelah itu, Anda akan melihat informasi tentang prosesor Anda, termasuk generasi prosesornya.

2. Melalui Software CPU-Z

Cara kedua untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan menggunakan software CPU-Z. CPU-Z adalah software gratis yang dapat Anda download dan instal di komputer Anda. Setelah terinstal, jalankan CPU-Z dan lihat tab “CPU”. Di tab ini, Anda akan melihat informasi tentang prosesor Anda, termasuk generasi prosesornya.

3. Melalui Device Manager

Cara ketiga untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan menggunakan Device Manager. Device Manager adalah alat bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk melihat informasi tentang perangkat keras yang terpasang di komputer Anda. Untuk membuka Device Manager, tekan tombol “Windows + X” pada keyboard Anda, lalu pilih “Device Manager”. Setelah Device Manager terbuka, cari bagian “Prosesor”. Di bagian ini, Anda akan melihat informasi tentang prosesor Anda, termasuk generasi prosesornya.

4. Melalui Informasi Sistem

Cara keempat untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan menggunakan System Information. System Information adalah alat bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk melihat informasi tentang sistem komputer Anda. Untuk membuka System Information, tekan tombol “Windows + R” pada keyboard Anda, lalu ketik “msinfo32” dan tekan “Enter”. Setelah System Information terbuka, cari bagian “Prosesor”. Di bagian ini, Anda akan melihat informasi tentang prosesor Anda, termasuk generasi prosesornya.

5. Melalui Benchmark

Cara kelima untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan menggunakan benchmark. Benchmark adalah software yang digunakan untuk mengukur kinerja komputer Anda. Dengan menjalankan benchmark, Anda dapat mengetahui seberapa baik kinerja prosesor Anda dibandingkan dengan prosesor lainnya. Beberapa benchmark yang populer adalah Cinebench, Geekbench, dan PassMark PerformanceTest.

6. Melalui Informasi Produk

Cara keenam untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan melihat informasi produk. Biasanya, informasi tentang generasi prosesor dapat ditemukan pada kemasan produk atau pada website resmi produsen laptop atau PC. Jika Anda tidak yakin tentang generasi prosesor laptop atau PC Anda, Anda dapat menghubungi produsennya untuk menanyakan informasi tersebut.

7. Melalui Tanya Jawab

Cara ketujuh untuk mengetahui generasi prosesor Intel adalah dengan bertanya kepada orang yang lebih mengerti tentang komputer. Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang mengerti tentang komputer, Anda dapat bertanya kepada mereka tentang cara mengetahui generasi prosesor Intel. Selain itu, Anda juga dapat bertanya di forum-forum online atau di media sosial. Banyak pengguna komputer yang dengan senang hati akan membantu Anda mengetahui generasi prosesor Intel.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk mengetahui generasi prosesor Intel. Dengan mengetahui generasi prosesor laptop atau PC Anda, Anda dapat mengetahui seberapa baru arsitektur prosesor tersebut dan seberapa baik performanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment