Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus Lebih dari 30 Hari

Selamat datang di panduan lengkap tentang cara mengembalikan postingan IG yang terhapus lebih dari 30 hari. Jika Anda pernah menghapus postingan di Instagram dan ingin memulihkannya setelah lebih dari 30 hari, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan kembali postingan yang hilang tersebut. Mari kita mulai!

1. Pahami Kebijakan Instagram

Sebelum kita membahas cara mengembalikan postingan IG yang terhapus, penting untuk memahami kebijakan Instagram terkait pemulihan postingan. Instagram hanya menyimpan salinan dari postingan Anda selama 30 hari. Setelah itu, mereka menghapus postingan dari server mereka dan tidak ada cara resmi untuk mengembalikannya. Namun, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mencoba mendapatkan kembali postingan yang hilang tersebut.

Metode 1: Cek Arsip Instagram

Pertama, mari kita periksa apakah postingan yang Anda cari masih ada di arsip Instagram. Instagram memiliki fitur arsip yang memungkinkan Anda menyembunyikan postingan dari profil publik Anda. Untuk memeriksa arsip Instagram Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda.

2. Pergi ke profil Anda dengan mengetuk ikon profil di bilah navigasi bawah.

3. Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.

4. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Arsip”.

5. Anda akan melihat arsip foto dan video Anda di sini. Coba cari postingan yang hilang dan jika Anda menemukannya, ketuk postingan tersebut dan pilih “Tampilkan di profil” untuk mengembalikannya ke profil Anda.

Metode 2: Memeriksa Pesan Langsung (DM)

Kadang-kadang, postingan yang hilang dapat ditemukan dalam pesan langsung (DM) Instagram. Jika Anda pernah mengirim postingan melalui DM kepada teman Anda atau grup, postingan tersebut mungkin masih ada di pesan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa pesan DM Instagram Anda:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda.

2. Ketuk ikon pesan di bilah navigasi atas.

3. Pilih percakapan yang relevan dengan postingan yang hilang.

4. Gulir ke atas dan cobalah mencari postingan yang hilang dalam percakapan tersebut. Jika Anda menemukannya, gunakan opsi “Simpan” untuk menyimpan ulang postingan ke profil Anda atau layar kamera Anda untuk mengunggahnya ulang ke akun Anda.

Metode 3: Menggunakan Layanan Pemulihan Pihak Ketiga

Jika metode yang disebutkan di atas tidak berhasil mengembalikan postingan IG yang hilang, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pemulihan pihak ketiga. Ada beberapa layanan yang menawarkan kemampuan untuk mencari dan mengembalikan postingan yang dihapus dari Instagram, bahkan setelah lebih dari 30 hari. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua layanan ini dapat diandalkan dan seringkali membawa risiko keamanan. Pastikan untuk melakukan penelitian menyeluruh sebelum menggunakan layanan ini.

2. Langkah-Langkah Pengamanan Postingan IG

Salah satu cara terbaik untuk menghindari situasi kehilangan postingan IG adalah dengan mengambil langkah-langkah pengamanan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga agar postingan Anda tetap aman dan terhindar dari penghapusan yang tidak disengaja:

Mengaktifkan Opsi Arsip

Instagram memiliki fitur arsip yang memungkinkan Anda menyembunyikan postingan dari profil publik Anda. Mengaktifkan opsi ini dapat memberi perlindungan ekstra bagi postingan Anda, terutama jika Anda menghapusnya secara tidak sengaja.

Untuk mengaktifkan opsi Arsip, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda.

2. Pergi ke profil Anda dengan mengetuk ikon profil di bilah navigasi bawah.

3. Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.

4. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Arsip”.

5. Aktifkan opsi “Arsip Post”.

Pastikan Backup Rutin

Langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mencegah kehilangan permanen postingan IG adalah dengan melakukan backup rutin. Membuat salinan cadangan postingan ke penyimpanan eksternal, seperti penyimpanan cloud atau perangkat lainnya, memberi Anda kepastian bahwa Anda dapat memulihkan postingan jika terjadi penghapusan atau kerusakan data.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melakukan backup otomatis dari postingan IG Anda. Cari aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan untuk mengatur waktu cadangan yang sesuai dengan frekuensi unggahan Anda.

Kesimpulan

Mengembalikan postingan IG yang terhapus setelah 30 hari bisa menjadi tantangan, namun, dengan langkah-langkah yang tepat, biasanya masih ada peluang untuk memulihkan postingan yang hilang. Dalam panduan ini, kami telah membahas beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mengembalikan postingan IG yang hilang setelah 30 hari. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan ingat bahwa tidak ada jaminan bahwa semua postingan dapat dikembalikan. Selain itu, lakukan langkah-langkah pengamanan yang tepat untuk mencegah kehilangan postingan di masa mendatang. Semoga berhasil!

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment