Lazada merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Sebagai konsumen, Anda mungkin pernah mengalami kendala sehingga perlu mengembalikan pesanan. Proses pengembalian pesanan di Lazada sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa pesanan yang ingin dikembalikan masih dalam masa garansi. Garansi Lazada biasanya berlaku selama 14 hari sejak tanggal penerimaan barang. Jika pesanan Anda sudah lewat dari masa garansi, maka Anda tidak dapat mengembalikannya.

Kedua, Anda harus menyiapkan bukti pembelian. Bukti pembelian dapat berupa nota pembelian, resi pengiriman, atau email konfirmasi dari Lazada. Bukti pembelian ini akan diminta oleh pihak Lazada saat Anda mengajukan pengembalian pesanan.

Cara Mengembalikan Pesanan di Lazada

1. Ajukan Pengembalian Pesanan

Untuk mengajukan pengembalian pesanan, Anda dapat menghubungi Customer Service Lazada melalui telepon, email, atau live chat. Anda juga dapat mengajukan pengembalian pesanan melalui aplikasi Lazada. Pilih pesanan yang ingin dikembalikan, lalu klik tombol “Ajukan Pengembalian”.

2. Alasan Pengembalian Pesanan

Saat mengajukan pengembalian pesanan, Anda harus menyertakan alasan pengembalian. Anda dapat memilih salah satu alasan yang tersedia di Lazada, seperti “Barang tidak sesuai dengan deskripsi”, “Barang rusak”, “Barang tidak lengkap”, atau “Barang tidak diterima”.

3. Metode Pengembalian Pesanan

Setelah Anda mengajukan pengembalian pesanan, pihak Lazada akan menghubungi Anda untuk mengatur metode pengembalian pesanan. Anda dapat memilih untuk mengembalikan pesanan melalui kurir atau melalui kantor cabang Lazada terdekat.

4. Biaya Pengembalian Pesanan

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dikenakan biaya pengembalian pesanan. Biaya pengembalian pesanan biasanya ditanggung oleh pembeli. Namun, ada beberapa kasus di mana biaya pengembalian pesanan ditanggung oleh penjual, misalnya jika barang yang diterima rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi.

5. Pengembalian Dana

Setelah pesanan Anda dikembalikan, pihak Lazada akan memproses pengembalian dana. Pengembalian dana biasanya akan dilakukan dalam waktu 7 hari kerja. Dana akan dikembalikan ke rekening bank atau dompet digital yang Anda gunakan saat melakukan pembayaran.

6. Kiat-kiat Mengembalikan Pesanan di Lazada

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembalikan pesanan di Lazada:

  • Pastikan bahwa pesanan yang ingin dikembalikan masih dalam masa garansi.
  • Siapkan bukti pembelian, seperti nota pembelian, resi pengiriman, atau email konfirmasi dari Lazada.
  • Ajukan pengembalian pesanan melalui Customer Service Lazada atau aplikasi Lazada.
  • Sertakan alasan pengembalian pesanan yang jelas dan rinci.
  • Pilih metode pengembalian pesanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Jika dikenakan biaya pengembalian pesanan, pastikan Anda sudah mengetahuinya sebelum mengajukan pengembalian pesanan.

7. Kesimpulan

Mengembalikan pesanan di Lazada cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan untuk menyiapkan bukti pembelian dan memilih alasan pengembalian pesanan yang jelas dan rinci. Dengan demikian, proses pengembalian pesanan Anda akan berjalan lancar dan cepat.

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment