Saat menggunakan Instagram, seringkali kita menghapus percakapan di Direct Message (DM) tanpa sengaja. Namun, jangan panik! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus. Selain itu, kami juga akan membagikan tips dan trik untuk meminimalkan risiko kehilangan pesan-pesan berharga Anda. Mari kita mulai!

Mengapa DM Instagram Bisa Terhapus?

Sebelum membahas bagaimana cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus, penting untuk memahami mengapa pesan-pesan tersebut bisa hilang. Ada beberapa alasan umum mengapa DM Instagram bisa terhapus, antara lain:

  • Kesalahan pengguna: Bisa jadi Anda secara tidak sengaja menghapus percakapan DM saat menavigasi melalui aplikasi Instagram.
  • Pembaruan atau bug: Pada beberapa kasus, pembaruan aplikasi atau bug bisa menyebabkan pesan-pesan DM hilang dari layar.
  • Pengaturan privasi: Jika Anda atau pengguna lain mengubah pengaturan privasi pada akun Instagram, pesan-pesan DM dapat terhapus.
  • Pemulihan akun: Jika Anda pernah memulihkan akun Instagram Anda, pesan-pesan DM yang telah dihapus dapat tidak lagi tersedia.

Dengan memahami penyebab hilangnya pesan DM Instagram, kita dapat melanjutkan ke langkah-langkah untuk mengembalikannya. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba:

1. Memanfaatkan Arsip Instagram

Satu fitur yang jarang diketahui oleh banyak pengguna adalah opsi “Arsip” di Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan percakapan DM tanpa menghapusnya secara permanen.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan arahkan ke layar pesan (Direct Message).
  2. Pilih percakapan DM yang ingin Anda arsipkan.
  3. Tahan percakapan tersebut hingga muncul opsi menu.
  4. Pilih opsi “Arsipkan” untuk menyembunyikan percakapan dari kotak masuk DM.

Untuk mengakses percakapan yang diarsipkan, Anda dapat masuk ke bagian “Arsip” yang terletak di pojok kanan atas layar pesan Instagram. Dari sana, Anda dapat mencari dan mengembalikan pesan-pesan yang telah diarsipkan.

2. Memeriksa Sampah Instagram

Jika Anda tidak menemukan pesan yang dihapus di arsip Anda, langkah selanjutnya adalah memeriksa “Sampah” di Instagram. Hampir mirip dengan fitur Recycle Bin di komputer Anda, Sampah di Instagram menyimpan percakapan DM yang dihapus secara permanen selama 30 hari terakhir.

Untuk melihat dan mengembalikan pesan-pesan di Sampah Instagram, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan arahkan ke layar pesan (Direct Message).
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih opsi “Pengaturan”.
  4. Pilih “Pengaturan Akun” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Pesan yang Dihapus Baru-baru Ini”.

Dalam opsi tersebut, Anda dapat melihat pesan-pesan yang dihapus dalam 30 hari terakhir. Jika Anda menemukan pesan yang ingin dikembalikan, cukup ketuk pesan tersebut dan pilih opsi “Kembalikan”.

3. Mengatasi Masalah melalui Dukungan Instagram

Jika setelah mencoba metode di atas Anda masih belum dapat mengembalikan DM yang terhapus, langkah terakhir adalah menghubungi dukungan Instagram. Mereka mungkin dapat membantu memulihkan pesan-pesan Anda.

Untuk menghubungi dukungan Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan arahkan ke halaman profil Anda.
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih opsi “Bantuan” di bagian bawah menu.
  4. Pilih opsi “Laporkan Masalah” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungi dukungan Instagram.

Secara rinci jelaskan masalah Anda, sertakan informasi akun yang terkait, dan berikan bukti sebanyak mungkin. Tim dukungan Instagram akan memproses permintaan Anda dan memberikan tanggapan segera.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas berbagai cara untuk mengembalikan DM Instagram yang terhapus. Mulai dari memanfaatkan fitur arsip hingga memeriksa sampah Instagram, ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Jika semua opsi tersebut tidak berhasil, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pemulihan. Untuk menghindari hilangnya pesan-pesan DM yang penting, pastikan Anda membuat cadangan secara teratur atau berhati-hati saat menghapus percakapan di Instagram. Selamat mencoba!

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment