WordPress adalah platform yang populer untuk membuat situs web. Selain itu, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat toko online atau e-commerce. Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat toko online tanpa harus memiliki pengetahuan khusus tentang coding. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat e-commerce di WordPress secara lengkap.

Sebelum mulai membuat e-commerce di WordPress, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, Anda perlu memiliki nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat situs web Anda, sedangkan hosting adalah tempat menyimpan data situs web Anda. Kedua, Anda perlu menyiapkan produk-produk yang akan Anda jual di toko online Anda. Ketiga, Anda perlu menyiapkan metode pembayaran yang akan Anda gunakan untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, Anda dapat mulai membuat e-commerce di WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Install WordPress

Langkah pertama adalah menginstall WordPress. Anda dapat melakukannya melalui cPanel atau File Manager yang disediakan oleh penyedia hosting Anda. Setelah WordPress terinstall, Anda dapat mengakses halaman dashboard WordPress dengan mengetikkan http://namadomainAnda.com/wp-admin di browser Anda.

2. Pilih Tema E-Commerce

Setelah masuk ke halaman dashboard WordPress, Anda dapat mulai memilih tema e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan Anda. WordPress menyediakan banyak pilihan tema e-commerce gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan. Beberapa tema e-commerce populer yang dapat Anda coba antara lain WooCommerce, Easy Digital Downloads, dan Shopify.

3. Install Plugin E-Commerce yang Dibutuhkan

Setelah memilih tema e-commerce, Anda perlu menginstall plugin e-commerce yang dibutuhkan. Plugin e-commerce adalah perangkat lunak tambahan yang dapat Anda tambahkan ke WordPress untuk memperluas fungsionalitas e-commerce toko online Anda. Beberapa plugin e-commerce yang wajib Anda install antara lain WooCommerce, Easy Digital Downloads, dan Shopify.

4. Konfigurasi Pengaturan Toko Online Anda

Setelah menginstall plugin e-commerce yang dibutuhkan, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan toko online Anda. Pengaturan ini meliputi informasi umum toko, seperti nama toko, alamat toko, dan nomor telepon toko. Anda juga perlu mengkonfigurasi pengaturan pembayaran dan pengiriman.

5. Tambahkan Produk ke Toko Online Anda

Setelah mengkonfigurasi pengaturan toko online Anda, Anda dapat mulai menambahkan produk ke toko online Anda. Untuk menambahkan produk, Anda dapat mengklik menu “Produk” pada dashboard WordPress. Kemudian, Anda dapat mengklik tombol “Tambah Baru” untuk menambahkan produk baru. Saat menambahkan produk, Anda perlu mengisi informasi seperti nama produk, deskripsi produk, harga produk, dan gambar produk.

6. Promosikan Toko Online Anda

Setelah toko online Anda selesai dibuat, Anda perlu mempromosikan toko online Anda agar dapat menarik pengunjung dan pelanggan. Ada banyak cara untuk mempromosikan toko online Anda, seperti melalui media sosial, search engine optimization (SEO), dan email marketing.

7. Kelola Toko Online Anda

Setelah toko online Anda mulai beroperasi, Anda perlu mengelolanya secara berkala. Pengelolaan toko online meliputi pemrosesan pesanan, pengiriman pesanan, dan menanggapi pertanyaan pelanggan. Anda juga perlu memperbarui produk-produk Anda secara berkala dan memantau kinerja toko online Anda.

Kesimpulan

Membuat e-commerce di WordPress adalah cara yang mudah dan cepat untuk memulai bisnis online Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat toko online yang profesional dan menarik. Setelah toko online Anda selesai dibuat, Anda perlu mempromosikannya dan mengelolanya secara berkala agar dapat sukses.

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment