pH meter merupakan alat penting untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan. Kalibrasi pH meter secara berkala sangat penting untuk memastikan keakuratan hasilnya. Cara kalibrasi pH meter sebenarnya tidak sulit, namun perlu dilakukan dengan benar dan hati-hati. Jika Anda ingin mempelajari cara kalibrasi pH meter, berikut adalah panduan lengkapnya.

Sebelum melakukan kalibrasi, pastikan Anda memiliki larutan buffer standar dengan pH yang diketahui. Larutan buffer ini biasanya tersedia dalam bentuk kemasan yang sudah siap pakai. Anda juga memerlukan obeng kecil untuk membuka sekrup pada pH meter, dan kain bersih untuk mengelap elektroda pH meter.

Setelah menyiapkan semua peralatan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan kalibrasi pH meter:

1. Nyalakan pH Meter

Nyalakan pH meter dan biarkan hingga stabil. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar beberapa menit untuk mencapai stabilitas.

2. Bersihkan Elektroda pH Meter

Setelah pH meter menyala, bersihkan elektroda pH meter dengan kain bersih yang telah dibasahi air. Pastikan tidak ada kotoran atau residu yang menempel pada elektroda.

3. Masukkan Elektroda pH Meter ke dalam Larutan Buffer

Masukkan elektroda pH meter ke dalam larutan buffer dengan pH yang diketahui. Pastikan elektroda terendam seluruhnya dalam larutan buffer.

4. Atur pH Meter

Gunakan obeng kecil untuk mengatur pH meter hingga nilainya sesuai dengan pH larutan buffer. Biasanya, terdapat sekrup kecil pada pH meter yang berfungsi untuk mengatur nilai pH.

5. Bilas Elektroda pH Meter

Setelah pH meter dikalibrasi, bilas elektroda pH meter dengan air suling. Pastikan tidak ada sisa larutan buffer yang menempel pada elektroda.

6. Ulangi Langkah-langkah Tersebut untuk Larutan Buffer Lain

Ulangi langkah-langkah tersebut untuk larutan buffer lain dengan pH yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memastikan akurasi pH meter pada berbagai rentang pH.

7. Simpan pH Meter dengan Benar

Setelah kalibrasi selesai, simpan pH meter dengan benar. Pastikan elektroda pH meter terendam dalam larutan penyimpanan khusus. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar elektroda tetap lembab dan tidak kering.

Kesimpulan

Demikianlah cara kalibrasi pH meter yang benar. Dengan melakukan kalibrasi secara berkala, Anda dapat memastikan keakuratan hasil pengukuran pH. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah tersebut dengan hati-hati dan menggunakan peralatan yang tepat.

Artikel Terkait :

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment